Pengembangan ensiklopedia tentang pengenalan program studi bidang ilmu sosial di perguruan tinggi untuk siswa kelas XI IIS d SMA Negeri 2 Bantul

Damayanti, Yustina and Bhakti, Caraka Putra (2020) Pengembangan ensiklopedia tentang pengenalan program studi bidang ilmu sosial di perguruan tinggi untuk siswa kelas XI IIS d SMA Negeri 2 Bantul. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1600001148_NASKAH_PUBLIKASI__200511105624.pdf] Text
T1_1600001148_NASKAH_PUBLIKASI__200511105624.pdf

Download (565kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan sebelumnya. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan kepada siswa, disimpulkan bahwa 95% siswa memiliki cita-cita melanjutkan ke Perguruan Tinggi dan 76% siswa
membutuhkan informasi untuk masuk ke Perguruan Tinggi. Selain itu, berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada Guru BK, dapat diketahui bahwa banyak siswa yang belum paham tentang macam-macam program studi yang ada di Perguruan Tinggi dan banyak siswa yang datan ke ruang BK karena merasa bingung akan program studi yang akan dipilihnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan ensiklopedia tentang pengenalan program studi bidang ilmu sosial di Perguruan Tinggi yang diperlukan siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 2 Bantul dalam rangka mengembangkan pengetahuannya tentang program studi bidang ilmu sosial di Perguruan Tinggi. Dengan demikian, ensiklopedia ini dipilih dan disusun agar dapat membantu siswa dalam mengenalkan program studi bidang ilmu sosial di Perguruan Tinggi. Materi yang dipaparkan dalam ensiklopedia antara lain, nama program studi, gelar yang diperoleh, spesifikasi keilmuan, prospek kerja, dan skill yang dibutuhkan.
Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4D sebagai model penelitiannya. Langkah-langkah yang peneliti dilakukan dalam penelitian ini adalah menganalisis kurikulum, kebutuhan siswa, materi dan merumuskan tujuan. Setelah itu mendesain produk, mengembangkan produk dan melakukan uji ahli apakah produk layak atau tidak. Penelitian ini menghasilkan produk berupa satu seri ensiklopedia tentang pengenalan program studi bidang ilmu sosial di Perguruan Tinggi. Hasil uji ahli materi diperoleh skor sebesar 87,5 dengan kategori sangat baik, dan uji ahli media diperoleh skor sebesar 88,3 dengan kategori sangat baik. Demikian, ensiklopedia tentang pengenalan program studi bidang ilmu sosial di Perguruan Tinggi bagi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 2 Bantul layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Keyword: Caraka Putra Bhakti
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 14 Nov 2020 04:24
Last Modified: 14 Nov 2020 04:24
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21249

Actions (login required)

View Item View Item