UPAYA MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI BAGI PESERTA DIDIK KELAS XII APHP B SMK NEGERI 1 WANAYASA

Sriwigati, Tunjung and Widyastuti, Dian Ari and Muhliawati, Yeni (2020) UPAYA MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI BAGI PESERTA DIDIK KELAS XII APHP B SMK NEGERI 1 WANAYASA. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 33. Tunjung Sriwigati (357-368).pdf] Text
33. Tunjung Sriwigati (357-368).pdf

Download (217kB)

Abstract

Pada masa pandemi ini, beban belajar siswa sangatlah berat karena dituntut untuk lebih mandiri dan tanggungjawab dalam kegiatan belajar mengajar, sebagian peserta didik cendrung untuk menunda tugas Berdasarkan penyebab Prokrastinasi akademik didapatkan dari informasi dan penggalian data dalam menyelesaikan tugas daring, perlu diberikan pemahaman mengenai dampak buruk prokrastinasi akademik serta memberikan teknik yang tepat untuk menurunkan prokrastinasi akademik tersebut. Hal tersebut bertujuan agar peserta didik mempunyai pengaturan waktu yang baik sehingga dapat mengatur waktu untuk belajar dan waktu untuk melakukan hal lain. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai November 2020, bertempat di SMK Negeri 1 Wanayasa kelas XII APHP B. Metode pengumpulan data dalam penlitian ini menggunakan skala prokrastinasi akademik. Tahapan dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Untuk menganalis data tersebut peneliti menggunakan perbandingan rata-rata dari jumlah penurunan prokrastinasi akademik peserta didik pada pra siklus, siklus 1 dan siklus 2, dari hasil tersebut dapat diketahui prosentase penurunan prokrastinasi akademik peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi berhasil dapat mereduksi Prokrastinasi Akademik peserta didik kelas XII APHP B SMK Negeri 1 Wanayasa. Penurunan yang dimaksud adalah menurunya persentase prokrastinasi akademik, dari data sebelumnya pada sebelum siklus I rata-rata prokrastinasi akademik yaitu 85,31% yang termasuk dalam kategori tinggi. Penurunan prokrastinasi akademik pada siklus I rata-rata sebesar 56.25% dan termasuk dalam kategori sedang dan penurunan prokrastinasi akademik pada siklus II rata-rata sebesar 48.59% dan termasuk dalam kategori rendah.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Dian Ari Widyastuti
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 14 Nov 2020 07:04
Last Modified: 14 Nov 2020 07:04
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21252

Actions (login required)

View Item View Item