UPAYA PENINGKATKAN MANAJEMEN EMOSI MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS X TKR SMK MUHAMMADIYAH 6 KARANGANYAR TAHUN 2020/2021

Apriyani, Dwi and Bhakti, Caraka Putra and Bandono, Bandono (2020) UPAYA PENINGKATKAN MANAJEMEN EMOSI MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS X TKR SMK MUHAMMADIYAH 6 KARANGANYAR TAHUN 2020/2021. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 35. Dwi Apriyani-1 (377-385).pdf] Text
35. Dwi Apriyani-1 (377-385).pdf

Download (325kB)

Abstract

Untuk membantu siswa menuju kearah kedewasaan yang optimal harus mempunyai langkah- langkah konkrit untuk mencegah dan mengatasi masalah emosional. Pengelolaan emosi merupakan sesuatu yang esensial untuk ditanamkan kepada seluruh siswa yang kurang mampu memahami manajemen emosi, kurang mampu menghadapi konflik, belum mampu menghadapi konflik, kurang mampu berkomunikasi yang baik, kurang mampu berfikir positif dan kemampuan mengelola emosi negative masih rendah.Oleh karena itu peneliti berdasarkan permasalahan yang dialami oleh siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah 6 Karanganyar Tahun 2020/2021 peneliti menyimpulkan bahwa masih lemahnya manajemen emosi yang dimiliki siswa. Dalam penelitian ini digunakan Pendekatan kuantitatif. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif menekankan analisisnya pada data-data numerical (angka) yang diolah dengan metoda statistika.. subjek penelitian ini sebanyak 30 siswa kelas X TKR yang kurang mampu memahami manajemen emosinya. Berdasarkan hasil penelitian dapat di ketahui bahwa layanan bimbingan klasikal dengan teknik sosiodrama pada pertemuan pertama dapat meningkatkan manajemen emosi siswa dilihat dari keterlaksanaan tindakan 1 pada siklus 1 dapat diketahui nahwa rata-rata ketercapaian tahapan pengenalan sebesar 90% kategori tinggi, rata-rata ketercapaian tahap akomodasi 100% kategori sangat baik dan ketercapaian tahapan tindakan rata-rata 74% kategori sangat baik. Maka dapat di simpulkan bahwa siswa kelas X TKR setelah mendapatkan layanan pada tindakan 1 pada siklus 1 menunjukan kategori baik. Penelitian ini bersifat sementara untuk melihat ketercapaian peningkatan manajemen emosi dapat dilihat setelah keterlaksanaan pertemuan ke 2 pada siklus I dan refleksi pada siklus ke II yang akan dilaksanakan pada waktu mendatang.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Caraka Putra Bhakti
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 14 Nov 2020 07:04
Last Modified: 14 Nov 2020 07:04
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21254

Actions (login required)

View Item View Item