UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS XI TKRO A SMK MUHAMMADIYAH 5 MIRI SRAGEN

Hermansyah, Fitrianto and Bhakti, Caraka Putra and Bandono, Bandono (2020) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS XI TKRO A SMK MUHAMMADIYAH 5 MIRI SRAGEN. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 13. FITRIANTO HERMANSYAH (425-433).pdf] Text
13. FITRIANTO HERMANSYAH (425-433).pdf

Download (290kB)

Abstract

Menurunya prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 5 Miri menjadi sebuah penurunan kualitas bagi sekolah, karena itu siswa dituntut untuk lebih aktif untuk meningkatkan motivasi belajar. Disinilah peran guru BK untuk dapat meningkatkan kembali motivasi belajar pada siswa khususnya siswa kelas XI TKRO A yang memiliki motivasi belajar paling rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik problem solving untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan desain penelitian penilitian tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). subjek penelitian ini sebanyak 8 siswa kelas X TKRO A yang memiliki motivasi belajar rendah. Instrumen penilitian ini menggunakan evaluasi observasi, ketercapaian pengenalan,akomodasi dan tindakan.karena penelitian ini bersifat sementara, peneliti hanya melakukan 1 pertemuan pada siklus I dan pertemuan ke 2 akan dilaksanakan pada waktu mendatang beserta refleksi pada siklus II.Berdasarkan hasil penelitian dapat di ketahui bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving pada pertemuan pertama dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dilihat dari keterlaksanaan tindakan 1 pada siklus 1 dapat diketahui rata-rata ketercapaian tahapan pengenalan sebesar 64,4% kategori sedang, rata-rata ketercapaian tahap akomodasi 63,3% baik dan ketercapaian tahapan tindakan rata-rata 73,3% kategori baik. Maka dapat di simpulkan bahwa siswa kelas XI TKRO A setelah mendapatkan layanan pada tindakan 1 pada siklus 1 menunjukan kategori baik. Penelitian ini bersifat sementara untuk melihat ketercapaian peningkatan mtiovasi belajar pada siswa kelas XI TKRO A SMK Muhammadiyah 5 Miri pada pertemuan ke 2 pada siklus I dan refleksi pada siklus ke II yang akan dilaksanakan pada waktu mendatang.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Caraka Putra Bhakti
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 16 Nov 2020 06:19
Last Modified: 16 Nov 2020 06:19
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21258

Actions (login required)

View Item View Item