MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI SOCRATES PADA SISWA KELAS XI DPIB SMK PANCASILA 2 JATISRONO

Saputro, Junia Nur and Saputra, Wahyu Nanda Eka and Malik, Muhammad Abdul (2020) MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI SOCRATES PADA SISWA KELAS XI DPIB SMK PANCASILA 2 JATISRONO. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 18. Junia Nur Saputro (446-455).pdf] Text
18. Junia Nur Saputro (446-455).pdf

Download (314kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkatkan perencanaan karir di SMK Pancasila 2 Jatisrono melalui metode bimbingan kelompok dengan Teknik diskusi socrates. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), atau CAR (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Pancasila 2 Jatisrono. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI jurusan DPIB yang terdiri dari 30 siswa. penelitian ini hanya terdiri dari satu siklus dengan desain perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitaf. Perencanaan karir sebelum diberikan treatment sebagian besar dalam kategori cukup. Setelah diberikan treatment menggunakan metode bimbingan kelompok dengan Teknik diskusi Socrates terjadi perubahan. Hal ini ditunjukkan perencanaan karir siswa kelas XI DPIB SMK Pancasila 2 Jatisrono sebelum diberikan layanan masih termasuk dalam kategori cukup baik dengan indeks persentasi 59,99%. Selanjutnya perencanaan karir siswa kelas XI DPIB SMK Pancasila 2 Jatisrono sesudah diberikan layanan sudah termasuk dalam kategori baik dengan indeks persentasi 75,2%. Siswa mulai mengetahui informasi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan, selain itu siswa juga telah mampu mensinkronkan antara cita-cita bakat dan dukungan dari lingkungan sekitar. Ada perbedaan yang signifikan antara perencanaan karir antara prasiklus dan siklus I atau setelah diberikan tindakan, terjadi peningkatan perencanaan karir setelah diberikan tindakan dengan presentase 15,21%. Sehingga dari hasil penelitian tersebut maka dari hasil analisis yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik diskusi Socrates dapat meningkatkan perencanaan karir pada siswa kelas XI DPIB SMK Pancasila 2 Jatisrono.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Wahyu Nanda Eka Saputra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 16 Nov 2020 06:19
Last Modified: 16 Nov 2020 06:19
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21261

Actions (login required)

View Item View Item