MENINGKATKAN PERCAYA DIRI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK EXPERIENTIAL LEARNING SISWA KELAS XI FI

Puspitasari, Kartika and Bhakti, Caraka Putra and Bandono, Bandono (2020) MENINGKATKAN PERCAYA DIRI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK EXPERIENTIAL LEARNING SISWA KELAS XI FI. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 20. KARTIKA PUSPITASARI (462-471).pdf] Text
20. KARTIKA PUSPITASARI (462-471).pdf

Download (357kB)

Abstract

Titik tolak permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya percaya diri siswa yang terindikasi dari kurang percaya diri, takut berbicara didepan kelas, takut bertanya saat tidak mengerti waktu pelajaran berlangsung dan sering cemas ketika menghadapi masalah. Oleh karena itu, penelitian ini berupaya memberikan tindakan berupa bimbingan klasikal dengan teknik experantial learning yang terencana dan sistematik dengan tujuan untuk mengetahui apakah bimbingan klasikal dengan teknik experiential learning tersebut dapat meningkatkan percaya diri siswa kelas XI FI di SMK Bani Muslim Pati. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling melalui layanan bimbingan klasikal. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini sejumlah 32 siswa kelas XI FI di SMK Bani Muslim Pati. Instrumen pengumpulan data yang digunakan mencakup intrumen evaluasi proses dan hasil terdiri dari 3 tahap yaitu: (tujuan pengenalan, akomodasi dan tindakan), karena penelitian ini bersifat sementara, peneliti hanya melakukan 1 pertemuan pada siklus I dan pertemuan kedua akan dilakasanakan pada waktu mendatang beserta refleksi pada siklus II. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa layanan bimbingan klasikal dengan teknik experiential learning pada pertemuan pertama dapat meningkatkan percaya diri siswa dilihat dari ketercapaian tindakan 1 pada siklus I dapat diketahui bahwa rata-rata ketercapaian tahap tujuan pengenalan sebesar 94% tinggi, rata-rata ketercapaian tahap tujuan akomodasi sebesar 97% sangat baik dan rata-rata ketercapaian tahap tujuan tindakan sebesar 91% sangat baik. Maka dapat disimpulkan percaya diri siswa kelas XI FI belum bisa maksimal dan perlu adanya dilakukan bimbingan klasikal pada pertemuan ke dua siklus I dan pelaksanaan siklus II untuk perbaikan dari siklus I (penelitian ini bersifat sementara).

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Caraka Putra Bhakti
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 16 Nov 2020 06:19
Last Modified: 16 Nov 2020 06:19
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21263

Actions (login required)

View Item View Item