Latif, Muhammad Aminuddin and Barida, Muya and Munandri, Ike (2020) UPAYA MENINGKATKAN DINAMIKA KELOMPOK MELALUI GAME EDUKASI DI SMK MA’ARIF NU MARGASARI TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021. [Artikel mahasiswa]
Text
21. MUHAMMAD AMINUDDIN LATIF (472-480).pdf Download (388kB) |
Abstract
Tujuan penelitian Menciptakan dinamika kelompok dalam Bimbingan kelompok dengan memberikan game edukasi. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Variabel tindakan ( X ) Game edukasi Variabel bebas ( Y ) Dinamika Kelompok. Subjek penelitian adalah siswa Kelas XII TKR 2 sejumlah 7 orang. Penelitian ini menggunakan instrument angket dan observasi. Tahapan pelaksanaan tindakan bimbingan dan konseling ini dilakukan dua siklus. Dalam Penelitian ini analisis data menggunakan analisis “Interactive model” yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman dalam Zainal Akib (2006:108). Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan game edukasi dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan dinamika kelompok yang baik, membuat anggota kelompok jadi tidak grogi, saling mengutarakan pendapatnya, siswa menjadi lebih aktif berbicara, komunikatif, tidak nervous tetapi bisa tampil rileks dan gembira. Berdasrkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa game edukasi dapat meningkatkan perbaikan performa atau layanan yang dilakukan guru BK dapat meningkatkan dinamika kelompok sehingga siswa lebih berkembang secara optimal. Dalam memberikan layanan bimbingan konseling hendaknya guru bisa memberikan layanan yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan seperti mengkombinasikan berbagai game dalam layanan Bimbingan konseling
Item Type: | Artikel mahasiswa |
---|---|
Keyword: | Muya Barida |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Program Profesi Guru |
Depositing User: | Sertifikasi Guru |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 06:20 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 06:20 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21264 |
Actions (login required)
View Item |