Hidayat, Rahmat and Saputra, Wahyu Nanda Eka and Malik, Muhammad Abdul (2020) PENINGKATAN PERENCANAAN KARIR MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK PROJECT BASED LEARNING SISWA KELAS XII FARMASI 2 SMK BHAKTI MULIA WONOGIRI. [Artikel mahasiswa]
Text
22. Rahmat Hidayat (481-489).pdf Download (341kB) |
Abstract
Permasalahan dalam perencanaan karir terjadi pada siswa kelas XII Farmasi 2 SMK Bhakti Mulia Wonogiri. Sesuai SK dari Dinas Kesehatan yaitu Permenkes No 80 Tahun 2016, bahwa lulusan SMK farmasi tidak mendapatkan STRTTK artinya lulusan SMK farmasi tidak bisa menjadi asisten apoteker, asisten apoteker minimal lulusan D3 sehingga siswa lulusan SMK harus kuliah lagi. Di sisi lain kondisi ekonomi mayoritas siswa menengah ke bawah sehingga mereka tidak bisa kuliah dan hanya bisa bekerja setelah lulus SMK. Disinilah peran guru BK untuk dapat meningkatkan kemampuan perencanaan karir pada siswa. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir pada siswa kelas XII Farmasi 2 SMK Bhakti Mulia Wonogiri melalui bimbingan klasikal dengan teknik project based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan desain penelitian penilitian tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). subjek penelitian ini sebanyak 35 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui semua subyek penelitian berhasil mengalami peningkatan skor pengambilan keputusan pemilihan karir secara signifikan dari siklus pertama ke siklus kedua. Dari 35 siswa dengan kebingungan menentukan pilihan karir setelah lulus SMK, setelah mengikuti siklus 1 terdapat kenaikan menjadi 74.53% atau dibulatkan 75%. Selanjutnya pada siklus 2 diketahui terdapat kenaikan 77.85% atau 78%
Item Type: | Artikel mahasiswa |
---|---|
Keyword: | Wahyu Nanda Eka Saputra |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Program Profesi Guru |
Depositing User: | Sertifikasi Guru |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 06:20 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 06:20 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21265 |
Actions (login required)
View Item |