MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING KELAS XI AK 3 SMK YASEMI KARANGRAYUNG

Nugroho, Adi and Bhakti, Caraka Putra and Bandono, Bandono (2020) MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING KELAS XI AK 3 SMK YASEMI KARANGRAYUNG. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 29. Adi Nugroho (535-543).pdf] Text
29. Adi Nugroho (535-543).pdf

Download (318kB)

Abstract

Konsep diri seseorang tergambarkan dalam hal-hal yang berkaitan dengan individu tersebut. Pandangan terhadap diri sendiri, hasil evaluasi diri, serta harapan terhadap diri sendiri membentuk konsep diri individu. Konsep diri yang positif kemudian akan membentuk perilaku dan interaksi yang positif pula dalam kehidupan. Banyak beberapa faktor yang menjadikan konsep diri positif rendah seperti ejekan, cemoohan, dan hardikan, membuat kita memandang diri kita secara negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk dapat meningkatkan konsep diri positif siswa kelas XI AK 3 SMK Yasemi Karangrayung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan desain penelitian penilitian tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Subjek penelitian ini sebanyak 6 siswa kelas XI AK 3 yang memiliki konsep diri positif rendah. Instrumen penilitian ini menggunakan evaluasi observasi, ketercapaian pengenalan, akomodasi dan tindakan. Karena penelitian ini bersifat sementara, peneliti hanya melakukan 1 pertemuan pada siklus I dan pertemuan ke 2 akan dilaksanakan pada waktu mendatang beserta refleksi pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat di ketahui bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving pada pertemuan pertama dapat meningkatkan konsep diri positif siswa dilihat dari keterlaksanaan tindakan 1 pada siklus 1 dapat diketahui bahwa rata-rata ketercapaian tahapan pengenalan sebesar 65%, rata-rata ketercapaian tahap akomodasi 73 % dan ketercapaian tahapan tindakan rata-rata 75 %. Maka dapat di simpulkan bahwa siswa kelas XI AK 3 setelah mendapatkan layanan pada tindakan 1 pada siklus 1 menunjukan kategori baik. Penelitian ini bersifat sementara untuk melihat ketercapaian peningkatan konsep diri positif pada siswa kelas XI AK 3 SMK Yasemi Karangrayung dapat dilihat setelah keterlaksanaan pertemuan ke 2 pada siklus I dan refleksi pada siklus ke II yang akan dilaksanakan pada waktu mendatang.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Caraka Putra Bhakti
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 16 Nov 2020 06:19
Last Modified: 16 Nov 2020 06:19
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21271

Actions (login required)

View Item View Item