UPAYA MENINGKATKAN MINAT MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PESERTA DIDIK KELAS X AKUNTANSI SMK NUSA MANDIRI PEMALANG

Rachman, Kurniawan and Barida, Muya and Munandari, Ike (2020) UPAYA MENINGKATKAN MINAT MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PESERTA DIDIK KELAS X AKUNTANSI SMK NUSA MANDIRI PEMALANG. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 41. Kurrniawan Rachman (552-560).pdf] Text
41. Kurrniawan Rachman (552-560).pdf

Download (263kB)

Abstract

Selama menjadi guru bimbingan dan konseling di sekolah, saya menemukan bahwa ada perilaku yang mengindikasikan adanya masalah yaitu ada beberapa peserta didik kelas X yang kurang minat untuk mengikuti kegiatan ektrakurikuler di sekolah. Di Sekolah ada kegiatan ekstra wajib dan ekstra pilihan yang dapat diikuti peserta didik kelas X untuk menyalurkan potensi yang tidak didapatkan pada kegiatan intra di sekolah. Dari kegiatan ektrakurikuler wajib yaitu pembinaan fisik (binsik) dan pramuka ternyata ada beberapa peserta didik yang sering tidak berangkat dengan berbagai macam alasan diantaranya sakit (capek, pusing) mengantuk, ada kepentingan keluarga dll. Berdasarkan informasi dari wali kelas dan pembina ektrakurikuler peserta didik-peserta didik tersebut memang jarang berangkat dan tidak minat (tidak serius, duduk-duduk pada saat latihan fisik, tidah fokus, dan pulang duluan pada saat latihan fisik) untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Data tersebut diperkuat dengan daftar absensi setiap kegiatan. Dari dua kegiatan tersebut anak lebih sering tidak berangkat kegiatan ektrakurikuler binsik yaitu pada hari Selasa dan Rabu setelah kegiatan KBM selesai yaitu pukul 16.00 – 17.00. Selama ini penanganan yang telah dilakukan yaitu pemberian sanksi oleh tim kedisiplinan yaitu berupa hukuman fisik tetapi kenyataanya juga masih sering tidak ikut dan menganggap biasa hukuman yang diberikan. Untuk itu, guru BK berupaya untuk meningkatkan minat peserta didik dengan memberikan layanan bimbingan kelompok. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan minat peserta didik untuk mengikuti kegiaan ekstrakurikuler yang ada di sekolahan guna meningkatkan prestasi non pelajaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling, yang mana dalam pelaksanaanya dilakukan dalam 2 siklus. Dalam siklus pertama diberikan tindakan berupa 2 kali layanan yaitu secara daring melalui aplikasi WAG dan secara luring, sedang untuk siklus kedua diberikan 1 kali layanan secara luring. Hasil dari penilitian tindakan ini yaitu adanya perubahan minat peserta didik yang awalnya didominasi kategori minat rendah yaitu 50% sangat rendah dan 33% dalam kategori rendah, setelah mendapatkan tindakan yang dilakukan dalam 2 siklus, kategori minat peserta didik tersebut mengalami peningkatan yaitu 100% menjadi kategori tinggi. Peningkatan minat peserta didik ini, dapat dilihat dari hasil observasi yang dilakukan oleh wali kelas dan pembina ekstrakurikuler, dan peneliti melihat sendiri selama salah satu kegiatan ekstrakulukuler, peserta didik sangat aktif dan terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Muya Barida
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 16 Nov 2020 06:18
Last Modified: 16 Nov 2020 06:18
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21273

Actions (login required)

View Item View Item