UPAYA MENINGKATKAN RESILIENSI SISWA EKONOMI BAWAH MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS X BOGA SMK NEGERI 3 MAGELANG TAHUN PEJARAN 2020/2021

Atviyanto, Yuvan and Barida, Muya and Munandari, Ike (2020) UPAYA MENINGKATKAN RESILIENSI SISWA EKONOMI BAWAH MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS X BOGA SMK NEGERI 3 MAGELANG TAHUN PEJARAN 2020/2021. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 27. YUVAN ATVIYANTO-561-565.pdf] Text
27. YUVAN ATVIYANTO-561-565.pdf

Download (247kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi manusia sering menjadi pemicu stress dan traumatik akibat dari tingkat resiliensi manusia yang rendah. Ketidakmampuan manusia menghadapi suatu tantangan atau permasalahan dalam kehidupan secara tepat sering mengakibatkan manusia jatuh dalam keterpurukan. Tingkat resiliensi rendah sering terjadi pada masa remaja yang sedang mengalami masa transisi, terlebih lagi remaja dari keluarga miskin. Kebanyakan guru BK memakai teknik atau layanan yang konvensional dalam menangani permasalahan siswa. Teknik yang konvensional tersebut mengakibatkan dalam penyelesaian masalah tidak terselesaikan secara maksimal karena terkadang layanan yang diberikan tidak sesuai dengan permasalah yang dihadapi siswa. Sehingga perlu strategi yang lebih tepat untuk meningkatkan resiliensi. Metode problem solving dapat menjadi layanan yang tepat dalam meningkatkan resiliensi karena metode problem solving bukan sekedar metode pembelajaran, tetapi juga merupakan suatu metode berfikir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang efektif digunakan untuk meningkatkan resiliensi siswa ekonomi bawah pada siswa kelas X Boga SMK Negeri 3 Magelang tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari tiga tindakan. Subyek yang diambil dalam penelitian ini 8 siswa yang memiliki tingkat resiliensi rendah. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Data dalam penelitian ini terkumpul dalam bentuk kuantitatif dan kualitatif, kemudian dianalisis dengan analisis data deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan resiliensi siswa ekonomi bawah dapat ditingkatkan melalui metode problem solving dilihat dari adanya perbedaan sebelum dilakukan metode atau teknik problem solving 8 siswa berada pada kategori sedang sedangkan setelah dilakukan teknik problem solving 2 siswa pada kategori sangat tinggi, 4 siswa pada kategori tinggi dan 2 siswa pada kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan “ada peningkatan resiliensi siswa ekonomi bawah melalui metode problem solving pada siswa kelas X Boga SMK Negeri 3 Magelang tahun ajaran 2020/2021. Peningkatan aspek resiliensi yang dialami oleh siswa, seperti pengaturan emosi, kontrol terhadap impuls, optimisme dan kemampuan menganalisis suatu masalah. Jadi, teknik problem solving yang mengasah kemampuan siswa memecahkan masalah secara sistematis tersebut terbukti dapat meningkatkan resiliensi siswa.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Muya Barida
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 16 Nov 2020 06:18
Last Modified: 16 Nov 2020 06:18
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21275

Actions (login required)

View Item View Item