PENINGKATAN KETRAMPILAN EKSPLORASI KARIR MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X BDP 3 DI SMK NEGERI 1 KEBUMEN

Martini, Entin and Saputra, Wahyu Nanda Eka and Malik, Abdul (2020) PENINGKATAN KETRAMPILAN EKSPLORASI KARIR MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X BDP 3 DI SMK NEGERI 1 KEBUMEN. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 7. Entin Martini (566-575).pdf] Text
7. Entin Martini (566-575).pdf

Download (292kB)

Abstract

Ada berbagai kesalahan pengambilan keputusan dalam pemilihan peminatan di SMK menunjukan bahwa kemampuan peserta didik dalam pengambilan keputusan dalam pemilihan peminatan kurang tepat. Hal tersebut tampak dalam berbagai masalah baik yang berkaitan dengan minat terhadap awal-awal pembelajaran, kebingungan arah lulusan SMK dan belum yakin terhadap karir lulusan SMK. Disinilah peran guru BK untuk dapat meningkatkan ketrampilan eksplorasi karir siswa khususnya siswa kelas X BDP 3 yang memiliki eksplorasi karir rendah. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah ketrampilan eksplorasi karir siswa kelas X BDP 3 di SMK N 1 Kebumen dapat meningkat melalui bimbingan klasikal teknik project based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan desain penelitian penilitian tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). subjek penelitian ini sebanyak 18 siswa kelas X BDP 3 yang memiliki ketrampilan eksplorasi karir rendah. Instrumen penilitian ini menggunakan evaluasi observasi, ketercapaian pengenalan,akomodasi dan tindakan.karena penelitian ini bersifat sementara, peneliti hanya melakukan 1 pertemuan pada siklus I dan pertemuan ke 2 pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat di ketahui bahwa layanan bimbingan klasikal dengan teknik project based learning melalui tindakan pada siklus 1 dan siklus 2 keterampilan eksplorasi karir siswa kelas X BDP 3 meningkat. Peningkatan keterampilan belajar siswa tersebut dibuktikan dari hasil post-test dengan perolehan skor keterampilan belajar siswa rata-rata 61 dengan prosentase 61% dan dikategorikan keterampilan belajar baik. Adapun peningkatan skor keterampian belajar siswa rata- rata dari pre-test ke post-test yaitu sebesar 24,67 poin, dengan peningkatan prosentase sebesar 25%. Maka dapat di simpulkan bahwa siswa kelas X BDP 3 setelah mendapatkan layanan pada tindakan 1 pada siklus 1 dan tindakan 2 pada siklus 2 menunjukan kategori baik.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Wahyu Nanda Eka Saputra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 16 Nov 2020 06:17
Last Modified: 16 Nov 2020 06:17
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21276

Actions (login required)

View Item View Item