UPAYA MEREDUKSI PERILAKU MENCONTEK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA KELAS XI SMK PUTRA BANGSA SALATIGA

Irawati, Susy Dwi and Prasetiawan, Hardi and Sudaryanti, Sri (2020) UPAYA MEREDUKSI PERILAKU MENCONTEK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA KELAS XI SMK PUTRA BANGSA SALATIGA. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 40. Susy Dwi Irawati (576-587).pdf] Text
40. Susy Dwi Irawati (576-587).pdf

Download (583kB)

Abstract

Mencontek atau mencontoh dengan bersembunyi-sembunyi karena terlarang adalah suatu hal yang bukan soal baru di sekolah-sekolah. Hal ini biasa dilakukan peserta didik yang kurang kapasitas belajarnya atau kebetulan tidak menghafal apa yang harus dipelajarinya. Berdasarkan pengamatan penulis selama mengajar di SMK Putra Bangsa Salatiga, khususnya peserta didik kelas XI setiap dilakukan tes baik ulangan harian, tengah semester, dan akhir semester peserta didik selalu melakukan perilaku mencontek dan hal ini penulis temukan saat menjadi pengawas di kelas, dan laporan dari guru-guru yang mengawasi di kelas juga. Dengan latar belakang di atas maka penulis tertarik untuk meneliti upaya mereduksi perilaku mencontek melalui layanan bimbingan kelompok pada kelas XI SMK Putra Bangsa Salatiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reduksi perilaku mencontek kelas XI, dengan objek 10 peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk penulis, peserta didik, dan sekolah, di mana dapat mengetahui lebih mendalam tentang pengertian, penyebab, dan solusi dari perilaku mencontek. Hasil penelitian ini dapat meningkatkan kualitas guru pembimbing dalam memberikan layanan bimbingan kelompok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, angket, dan wawancara. Tahapan penelitian terdiri dari dua siklus dan terdapat dua tindakan tiap siklusnya. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi proses bimbingan kelompok. Untuk mengetahui tingkat perilaku mencontek peserta didik digunakan angket dengan penentuan kategori kecenderungan dan tiap-tiap variabel didasarkan pada norma atau ketentuan kategori. Dengan layanan bimbingan kelompok model diskusi kelas XI pengaruhnya terhadap perilaku mencontek dapat diketahui melalui skor rata-rata, yang pada pra tindakan 66,5 setelah tindakan I menjadi 60,2 dan setelah tindakan II menjadi 39,4 sesuai target yaitu dari skor rata-rata tinggi menurun menjadi skor rendah. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan metode diskusi dapat mereduksi perilaku mencontek peserta didik kelas XI.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Hardi Prasetiawan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 16 Nov 2020 06:17
Last Modified: 16 Nov 2020 06:17
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21280

Actions (login required)

View Item View Item