UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI PADA SISWA KELAS XI TKJ SMK BHINNEKA KARYA SIMO

Parwati, Dyah Hedy Sastri and Widyastuti, Dian Ari and Muhliawati, Yeni (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI PADA SISWA KELAS XI TKJ SMK BHINNEKA KARYA SIMO. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 37. Dyah Hedy S.P (394-402).pdf] Text
37. Dyah Hedy S.P (394-402).pdf

Download (183kB)

Abstract

Permasalahan-permasalahan peserta didik yang terjadi di SMK Bhinneka Karya Simo salah satunya adalah kurangnya kepercayaan diri pada peserta didik, hal ini bisa dilihat dalam kegiatan disekolah,siswa merasa malu-malu, tidak percaya diri, grogi tampil didepan kelas, sering mencontek menghadapi tes, salah tingkah dalam menghadapi lawan jenis, suka menyendiri, perasa, segan, siswa tidak mempunyai keberanian untuk menyampaikan pertanyaan dalam proses pembelajaran, takut menghadapi ulangan dalam pembelajaran dan ketika konselor memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah siswa tidak responsif terhadap apa yang disampaikan oleh guru dan juga, siswa malas berkonsultasi dengan guru dan kebiasaan siswa dalam mengikuti kegiatan bimbingan kelompok, kurang memperhatikan materi yang disampaikan. Melihat fenomena di atas, maka peneliti ingin melakukan penelitian tindakan bimbingan konseling untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa Dalam hal ini peran guru BK sangat diperlukan untuk membantu peserta didik yang mempunyai kepercayaan diri rendah khususnya kelas XI TKJ SMK Bhinneka Karya Simo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas kelas XI TKJ SMK Bhinneka Karya Simo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan desain Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Subjek penelitian ini sebanyak 9 siswa kelas XI TKJ yang memiliki kepercayaan diri rendah. Instrumen penilitian ini menggunakan angket kepercayaan diri, ketercapaian meningkatnya kepercayaan diri siswa dapat dilihat dari peningkatan rata-rata pada setiap siklus. Karena penelitian ini bersifat sementara, maka peneliti hanya melakukan 1 kali pertemuan pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat di ketahui bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Hal ini dapat di lihat dari rata-rata hasil pra tindakan, pasca tindakan 1 dan pasca tindakan 2. Hasil rata-rata pra tindakan menunjukkan bahwa 9 siswa tersebut masuk kategori rendah yaitu 47,4 %. Sedangkan hasil pasca tindakan 1 menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata 9 siswa tersebut masuk kategori sedang yaitu 64,1 % atau terjadi peningkatan 16,7 %. Pada pasca tindakan 2 hasil rata-rata 9 siswa tersebut masuk kategori tinggi yaitu 78,0 % atau terjadi peningkatan 13.9 %. Dan jika dibandingkan dengan hasil pra tindakan maka terjadi peningkatan rata-rata 47,4 % menjadi rata-rata 77,0 % atau peningkatannya sebanyak 30,6%.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Dian Ari Widyastuti
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 17 Nov 2020 07:24
Last Modified: 17 Nov 2020 07:24
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21291

Actions (login required)

View Item View Item