PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD DI KELAS III SD NEGERI 4 NISAM ANTARA

Maryamah, Maryamah and Fakhrur Sifudin, Muhamad and Syapriyuda, Sandi (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD DI KELAS III SD NEGERI 4 NISAM ANTARA. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 14. Maryamah Rusli-PGSD (707-718).pdf] Text
14. Maryamah Rusli-PGSD (707-718).pdf

Download (265kB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan ada beberapa faktor yang berkaitan dengan rendahnya hasil belajar siswa. Kurang adanya motivasi, cara mengajar guru yang tidak menarik yang kuat menjadi salah satu penyebab terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Dalam pembelajaran di sekolah guru merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Guru hendaknya memilih dan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang tepat digunakan adalah kooperatif Tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 4 Nisam Antara pada materi perubahan wujud benda perlu adanya stategi pembelajaran yang inovasi dalam pembelajaran. Tujuan Penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Benda di Sekitarku melalui Model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan selama 2 siklus. Adapun subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III yang berjumlah 20 siswa. Setiap siklus PTK dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil belajar pada saat pretes jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa atau 30% sedangkan sebanyak 14 siswa atau 70% siswa yang tidak tuntas. Setelah pelaksanaan tindakan didapatkan hasil belajar pada siklus I menunjukkan bahwa siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa atau 80% dan yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa atau 20%. Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II didapatkan bahwa siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa atau 85% dan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa atau 15%.Berdasarkan hasil tes pada siklus 1 dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan antara siklus 1 dan siklus II sebesar 5% di. Hal ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan PTK telah tercapai. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model pembelajaran Koopertif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi benda di sekitarku.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Muhamad Fakhrur Saifudin
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:30
Last Modified: 24 Nov 2020 04:30
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21356

Actions (login required)

View Item View Item