UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 4 NISAM ANTARA

Rusnawati, Rusnawati and Setyawan, Fariz and Afiyatun Indah Utami, Siti (2020) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 4 NISAM ANTARA. In: UNSPECIFIED.

[thumbnail of 15. Rusnawati Rusli-PGSD (719-730).pdf] Text
15. Rusnawati Rusli-PGSD (719-730).pdf

Download (503kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik dengan menggunakan model Kooperatif Tipe STAD pada kelas I SD Negeri 4 Nisam Antara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas I SD Negeri 4 Nisam Antara yang berjumlah 17 siswa. Desain PTK menggunakan model Arikunto,dkk. yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase keterampilan dan hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan KKM siswa dari kegiatan pra tindakan dan setiap siklus, yaitu pada pra tindakan ketuntasan untuk keterampilan membaca 47% dan untuk hasil belajar 41%, pada siklus I ketuntasan untuk keterampilan membaca 76% dan hasil belajar 82%, sedangkan pada siklus II ketuntasan untuk keterampilan membaca 88% dan hasil belajar 94%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan persentase pada tiap tindakan mulai dari pra tidakan sampai dengan tindakan II untuk keterampilan membaca meningkat 41% dan untuk hasil belajar siswa 53%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Kooperatif Tipe STAD dalam pembelajaran Tematik dapat meningkatkan Keterampilan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (UNSPECIFIED)
Keyword: Fariz Setyawan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 23 Nov 2020 04:37
Last Modified: 08 Mar 2021 04:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21357

Actions (login required)

View Item View Item