UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA 4 MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING PADA SD NEGERI 21 SAWANG

Fitriana, Fitriana and Hidayat, Panji and Utami, Sri (2020) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA 4 MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING PADA SD NEGERI 21 SAWANG. In: UNSPECIFIED.

[thumbnail of 16. FITRI ch-PGSD (828-836).pdf] Text
16. FITRI ch-PGSD (828-836).pdf

Download (215kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar materi dongeng yang terjadi pada siswa kelas IV di SDN 21 Sawang disebabkan metode yang digunakan bersifat teoretis, mononton, dan menjemukan. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui : upaya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV tema 4 materi mengidentifikasi unsur cerita melalui model pembelajaran Cooperative Learning pada SD Negeri 21 Sawang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan (action research) sebanyak dua kali putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV. Data yang diperoleh berupa hasil tes Formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari setiap siklus, yaitu prasiklus (26,8%) siklus I (65,2%), siklus II (100%) Kesimpulan dari penelitian ini adalah melaui model Coopertive Learning dapat meningkatkan prestasi belajar tema 4 mengidentifikasi unsur cerita pada siswa Kelas IV SD Negeri 21 Sawang .

Item Type: Conference or Workshop Item (UNSPECIFIED)
Keyword: Panji Hidayat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 23 Nov 2020 04:37
Last Modified: 08 Mar 2021 04:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21358

Actions (login required)

View Item View Item