UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATERI MAKANAN SEHAT DENGAN MENGGUNAKAN MODELCOOPERATIF LEARNINGPADA SD NEGERI 25 SAWANG KABUPATEN ACEH UTARA

Masyitah, Masyitah and Hidayat, Panji and Utami, Sri (2020) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATERI MAKANAN SEHAT DENGAN MENGGUNAKAN MODELCOOPERATIF LEARNINGPADA SD NEGERI 25 SAWANG KABUPATEN ACEH UTARA. In: UNSPECIFIED.

[thumbnail of 21. masyitah ali-PGSD (846-855).pdf] Text
21. masyitah ali-PGSD (846-855).pdf

Download (262kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan belajar dan sikap kerjasama antar siswa disebabkan cara mengajar guru masih cenderungmenggunakan metode ceramah kemudian memberikan tugas kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar siswa kelas V materi makanan sehat dengan menggunakan model cooperatif learning pada SD Negeri 25 Sawang. Pada tahap pra tindakan, tahap tindakan dan tahap evaluasi. Sumber data dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 25 Sawang yang berjumlah 17 orang tahun ajaran 2020/2021 dan sampelnya ditetapkan semua populasi. Datanya adalah hasil tes awal, hasil tes akhir, hasil observasi, hasil catatan lapangan dan hasil wawancara. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu mereduksi data, menyajikan data menarik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu data-data berupa uraian. Hasil penelitian, tes awal dalam penelitian ini memperoleh persentase (23,7%) pada pra siklus (58,9%) pada siklus I dan (100%) pada siklus II disimpulkan bahwa penerapan model cooperatif learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri 25 Sawang Kabupaten Aceh Utara pada materi makanan sehat.

Item Type: Conference or Workshop Item (UNSPECIFIED)
Keyword: Panji Hidayat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 23 Nov 2020 04:37
Last Modified: 08 Mar 2021 04:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21363

Actions (login required)

View Item View Item