UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS GURU DAN SISWA BESERTA RESPON SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Hayati, Rahmah and Siti Aulia, Syifa and Rahayu Ratnaningsih, Sri (2020) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS GURU DAN SISWA BESERTA RESPON SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. In: UNSPECIFIED.

[thumbnail of 23. rahmah hayati-PGSD (865-874).pdf] Text
23. rahmah hayati-PGSD (865-874).pdf

Download (337kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dengan ditandai dengan banyak nya nilai siswa yang masih rendah, hal ini karena metode yang digunakan guru tidak menarik perhatian siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan data tentang peningkatan aktivitas guru dan siswa, respon siswa, serta hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas III SD Negeri 8 Muara Batu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini bersumber dari observasi dan angket. Hasil penelitian menyebutkan bahwa siklus pertama persentase Aktivitas guru dari 84,54% siklus pertama, meningkat menjadi 97,27% pada siklus kedua. Aktivitas siswa 83,63% pada siklus pertama, meningkat menjadi 95,45% pada siklus kedua. Respon siswa secara umum yang menjawab senang dan baru terhadap pembelajaran dengan menggunakan model PBL persentase mencapai 92,30%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta respon siswa kelas III SD Negeri 8 Muara Batu.

Item Type: Conference or Workshop Item (UNSPECIFIED)
Keyword: Syifa Siti Aulia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 23 Nov 2020 04:37
Last Modified: 08 Mar 2021 04:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21365

Actions (login required)

View Item View Item