UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD SWASTA PINUS KABUPATEN ACEH UTARA)

Yulia, Yulia and Siti Aulia, Syifa and Rahayu Ratna Ningsih, Sri (2020) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD SWASTA PINUS KABUPATEN ACEH UTARA). In: UNSPECIFIED.

[thumbnail of 26. Yulia Yuli-PGSD (875-883).pdf] Text
26. Yulia Yuli-PGSD (875-883).pdf

Download (251kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluaisi keterampilan guru dan aktivitas belajar IPS melalui model Problem Based Learning (PBL) dan juga untuk peningkatan prestasi belajar IPS melalui pembelajaran problem based learning pada siswa kelas IV sd swasta pinus. Peningkatan itu bertujuan untuk mengatasi siswa yang kurang tertarik dengan pelajaran IPS. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Swasta yang berjumlah 14 siswa pada tahun ajaran 2020/2021. Alat pengumpulan data berupa tes dan lembar observasi. Data dianalis dengan cara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus kelas masih sangat rendah yaitu ketuntasan siswa hanya mencapai 47,4%. Pada siklus I terjadi peningkatan yaitu ketuntasan belajar siswa sudah mencapai 78,7% atau 11 siswa, keaktifan siswa pada siklus I adalah 1,9 kriteria cukup baik, sedangkan ketreampilan guru dalam proses pembelajaran mencapai 3,2 kriteria baik. Pada siklus II pembelajaran sudah dikatakan sempurna yaitu dengan perolehan nilai ketuntasan belajar siswa mencapai 93% atau 13 siswa, dan keaktifan siswa di kelas juga mencapai 3,4 dengan kriteria sangat baik, dan keterampilan guru dalam pembelajaran sudah maksimal yaitu mencapai 3,8 kriteria sangat baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (UNSPECIFIED)
Keyword: Syifa Siti Aulia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 23 Nov 2020 04:37
Last Modified: 08 Mar 2021 04:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21367

Actions (login required)

View Item View Item