PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA TEMA 4 SUMBER DAYA ALAM MELALUI PENDEKATAN STEAM PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 23 SAWANG TAHUN AJARAN 2020/2021

Andri yana, Nana and Purwanti, Siwi and Purwanti, Erni (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA TEMA 4 SUMBER DAYA ALAM MELALUI PENDEKATAN STEAM PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 23 SAWANG TAHUN AJARAN 2020/2021. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 27. Nana Andriyana-PGSD (884-889).pdf] Text
27. Nana Andriyana-PGSD (884-889).pdf

Download (186kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang ditandai dengan banyaknya nilai siswa yang belum mencapai KKM, hal ini disebabkan metode yang digunakan guru tidak menarik perhatian siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada tema 4 sumber daya alam melalui pendekatan STEAM pada siswa kelas IV SD Negeri 23 Sawang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sumber data dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 23 Sawang yang berjumlah 25 siswa pada tahun ajaran 2020/2021 dan sampelnya ditetapkan semua populasi. Datanya adalah hasil tes awal, hasil tes akhir. Teknik analisis data melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tes awal dalam penelitian ini memperoleh persentase (34,7%) pada siklus I (60,9%) dan (100%) pada siklus II. Disimpulkan bahwa pendekatan STEAM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 23 Sawang Kabupaten Aceh Utara pada tema 4 sumber daya alam.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Siwi Purwanti
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:31
Last Modified: 24 Nov 2020 04:31
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21368

Actions (login required)

View Item View Item