UPAYA MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK (PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 MUARA BATU)

Aklima, Yuni and Supriyanto, Agus and Antara, Ustadi (2020) UPAYA MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK (PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 MUARA BATU). [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 3. yuni aklima (919-927).pdf] Text
3. yuni aklima (919-927).pdf

Download (326kB)

Abstract

Penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini dilatarbelakangi oleh tingginya perilaku prokrastinasi akademik siswa. Perilaku prokrastinasi akademik siswa dapat dilihat dari penundaan yang dilakukan dalam penyelesaian tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMA Negeri 1 Muara Batu melalui layanan bimbingan kelompok. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pedoman observasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA Negeri 1 Muara Batu mengalami penurunan prokrastinasi kearah yang lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi mengalami penurunan yang baik setiap siklusnya. Pada siklus I menunjukkan bahwa siswa belum mampu mengurangi perilaku prokrastinasi akademik. Hal ini dapat dimaknai bahwa layanan bimbingan kelompok belum bisa dirasakan oleh siswa. Pada siklus II menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok mampu mengurangi perilaku prokrastinasi akademik menjadi 35% dan sudah mencapai kriteria minimal yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri 1 Muara Batu.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Agus Supriyanto
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:32
Last Modified: 24 Nov 2020 04:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21378

Actions (login required)

View Item View Item