LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KLUET UTARA

Afrina, Jandri and Supriyanto, Agus and Antara, Ustadi (2020) LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KLUET UTARA. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 4. jandri afrina (928-936).pdf] Text
4. jandri afrina (928-936).pdf

Download (254kB)

Abstract

Dalam belajar setiap siswa tidak terlepas dari dorongan-dorongan yang dapat mendukung belajarnya baik dari dalam maupun dari luar diri. Dengan adanya dorongan tersebutlah hasil belajar akan menjadi lebih baik. Di SMP N 1 Kluet Utara masih banyak siswa yang kurang memiliki dorongan dalam belajar atau lebih tepatnya tidak memiliki motivasi dalam belajar. Motivasi belajar adalah sesuatu yang mendorong, menggerakan dan mengarahkan siswa dalam belajar.. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP kelas VIII melalui layanan konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling dan dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian sebanyak 7 siswa kelas VIII Tahun Ajaran 2020/2021. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII mengalami peningkatan kearah yang lebih baik pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dimaknai bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik mampu memberikan dorongan sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga siswa mampu memunculkan keinginan dalam diri dan mampu meningkatkan motivasi dalam belajar.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Agus Supriyanto
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:32
Last Modified: 24 Nov 2020 04:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21379

Actions (login required)

View Item View Item