UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA MENGIKUTI LAYANAN KLASIKAL MENGGUNAKAN GOOGLE MEET PADA SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 6 BANDA ACEH

Hanifah, Umul and Supriyanto, Agus and Antara, Ustadi (2020) UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA MENGIKUTI LAYANAN KLASIKAL MENGGUNAKAN GOOGLE MEET PADA SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 6 BANDA ACEH. In: UNSPECIFIED.

[thumbnail of 5. Umul Hanifah (937-946).pdf] Text
5. Umul Hanifah (937-946).pdf

Download (299kB)

Abstract

COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) dinyatakan sebagai pendemi internasional. Pelayanan BK yang awalnya dilakukan secara tatap muka kini harus dilakukan secara daring. Hasil observasi peneliti dari bulan Juli sampai September 2020 menunjukkan rendahnya minat peserta didik dalam mengikuti layanan bimbingan konseling khususnya layanan klasikal secara asynchronous. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana peningkatkan minat siswa mengikuti layanan klasikal menggunakan Google Meet. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yang menjadi variabel bebas (x) dalam penelitian ini adalah layanan klasikal menggunakan Google Meet sedangkan variabel terikatnya (y) adalah minat siswa. Penelitian tindakan ini mempunyai empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Peneltan n dlsanaan dalam janga watu satu bulan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan minat siswa mengikuti layanan klasikal dari awalnya pada kategori kurang baik dengan presentase sebesar 33% menuju kategori baik dengan presentase sebesar 67 %. Maka dari pelaksanaan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan yang dilakukan berhasil. Disarankan bagi guru BK untuk menggunakan Google Meet dalam melasanakan layanan dimasa pandemi hususna karena fiturnya lengkap sesuai kebutuhan guru BK.

Item Type: Conference or Workshop Item (UNSPECIFIED)
Keyword: Agus Supriyanto
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 23 Nov 2020 04:38
Last Modified: 08 Mar 2021 04:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21380

Actions (login required)

View Item View Item