UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI SISWA KELAS X IPS 1 DI SMA NEGERI 1 LEPAR PONGOK

Bujang, Bujang and Hartini, Sri and Susilowati, Niken and Budi Prabowo, Agung (2020) UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI SISWA KELAS X IPS 1 DI SMA NEGERI 1 LEPAR PONGOK. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 6. BUJANG, S.Pd. (947-956).pdf] Text
6. BUJANG, S.Pd. (947-956).pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari pengamatan peneliti ketika memberikan layanan bimbingan konseling sering terjadi kurangnya disiplin belajar siswa dan pelanggaran aturan sekolah oleh siswa X.IPS.1 didapatkan dari laporan keresahan guru mata pelajaran dan wali kelas bahwa ketika awal masuk kelas pukul 07.10 wib siswa masih banyak diluar kelas, seperti dikantin, parkir, diteras ruanagan kelas dan pada pergantian mata pelajaran siswa banyak keluar kelas.Tujuan penelitian merupakan untuk mengetahui peningkatan kedisiplinan belajar melalui layanan bimbingan kelompok teknik diskusi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lepar Pongok. Peneneliti melakukan penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas bimbingan konseling (PTBK) kuantitatif deskriftif persentase. Berdasarkan hasil penelitian memperoleh data pada siklus I diketahui bahwa hasil nilai rata-rata mencapai 114 nilai tertinggi mencapai 119 dan nilai terendah 104. Hasil persentase siswa yang tuntas sebanyak 5 orang siswa dengan persentase (71%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 2 orang dengan persentase (29%). Berdasarkan hasil data pada tabel 2 diatas dapat diketahui bahwa hasil nilai rata-rata siklus 2 nilai rata-rata mencapai 144,42 nilai tertinggi mencapai 148 dan nilai terendah mencapai 142 Persentase siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa (100%) dan yang belum tuntas sebanyak 0 (0%). Berdasarakan data tersebut bahwa “Upaya Meningkatakan Disiplin Belajar Melalui Teknik Diskusi di Kelas X.IPS.1 SMA Negeri 1 Lepar Pongok dapat meningkatkan disiplin belajar siswa yang signifikan sebanyak 29%.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Sri Hartini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:32
Last Modified: 24 Nov 2020 04:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21381

Actions (login required)

View Item View Item