UPAYA MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORISTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI TKJ DI SMK MA’ARIF 1 NANGGULAN

Setyowati, Erli and Santosa, Hardi and Biantoro, Yudi (2020) UPAYA MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORISTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI TKJ DI SMK MA’ARIF 1 NANGGULAN. In: UNSPECIFIED.

[thumbnail of 7. ERLI SETYOWATI (957-965).pdf] Text
7. ERLI SETYOWATI (957-965).pdf

Download (422kB)

Abstract

Sudah sekitar enam bulan virus covid 19 ada di Indonesia yang berakibat pada kebijakan pembatasan fisik. Pemerintah menghimbau untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah semasa pandemi virus covid 19. Siswa melaksanakan pembelajaran dari rumah sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 ini. Kurangnya pengawasan dalam melakukan pembelajaran secara daring membuat peserta didik cenderung menunda-nunda waktu belajar. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penurunan perilaku prokrastinasi akademik melalui konseling kelompok behavioristik dengan teknik manajemen waktu. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan teori tentang penerapan layanan konseling kelompok behavioristik sebagai upaya menurunkan perilaku prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik adalah suatu kegagalan untuk memulai melakukan maupun menyelesaikan suatu tugas atau aktivitas pada waktu yang ditentukan. Prokrastinator tidak bermaksud untuk menghindari tugas yang dihadapi tetapi hanya menunda untuk mengerjakan sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan tugas. Konseling behavioral dikenal juga dengan modifikasi perilaku yang dapat diartikan sebagai tindakan yang bertujuan untuk mengubah perilaku. Modifikasi perilaku dapat pula diartikan sebagai usaha menerapkan prinsip-prinsip belajar maupun prinsip-prinsip psikologi hasil eksperimen lain pada perilaku manusia. Jadi behaviorisme berfokus pada bagaimana orang-orang belajar dari kondisi-kondisi apa saja yang menentukan tingkah laku mereka. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Dalam penelitian ini terdapat dua jenis variabel penelitian. Variabel bebas (independent variable) dan variabel terikat (dependent variable). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK Ma’arif 1 Nanggulan. Instrumen yang digunakan adalah angket, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Tahapan dalam PTBK ini dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara telah menunjukan penurunan.

Item Type: Conference or Workshop Item (UNSPECIFIED)
Keyword: Hardi Santoso
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 23 Nov 2020 04:38
Last Modified: 08 Mar 2021 04:40
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21382

Actions (login required)

View Item View Item