UPAYA MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL DI KELAS 7B SMP TARUNA BAKTI BANDUNG

Wildaniah, Firsty and Budhi Handaka, Irvan and Mahargianti, Wuri (2020) UPAYA MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL DI KELAS 7B SMP TARUNA BAKTI BANDUNG. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 8. FIRSTY WILDANIAH (958-965).pdf] Text
8. FIRSTY WILDANIAH (958-965).pdf

Download (214kB)

Abstract

Siswa kelas 7 pada hakikatnya adalah individu yang memasuki usia remaja dan mengalami banyak perubahan dalam dirinya. Perubahan kondisi fisik, emosi, bahasa, cara berfikir dan pergaulan sosial dengan lingkungan. Dalam lingkungan sekolah, pergaulan sosial dengan teman sebaya menjadi aspek penting untuk meningkatkan eksistensinya. Namun hubungan sosial ini membutuhkan penyesuaian khususnya dalam meningkatkan konsep diri siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah meningkatkan konsep diri siswa melalui layanan bimbingan dan konseling. Oleh karenanya dibuatlah penelitian tindakan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan konsep diri siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 7B. Aspek yang diteliti adalah kondisi fisik, emosi, kedekatan dengan keluarga, pertemanan, pengelolaan waktu belajar dan rencana karir. Hasil penelitian menunjukkan konsep diri siswa kelas 7B sudah terlihat baik, yang dibuktikan dengan memiliki kondisi fisik yang sempurna, kedekaatan emosional dengan keluarga dan memiliki pergaulan sosial dengan teman sebaya. Namun ada hal menarik dalam penelitian ini yaitu waktu bermain games tidak mengganggu belajar siswa kelas 7B. Pada umumnya siswa ini pun memiliki cita-cita ingin menjadi pengusaha yang terinspirasi dari profesi kedua orangtuanya.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Irvan Budhi Handaka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:32
Last Modified: 24 Nov 2020 04:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21383

Actions (login required)

View Item View Item