UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN BIMBINGAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 17 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2020/2021

Prastiyo, Hendri and Budhi Handaka, Irvan and Mahargianti, Wuri (2020) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN BIMBINGAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 17 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2020/2021. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 9. HENDRI PRASTIYO (966-973).pdf] Text
9. HENDRI PRASTIYO (966-973).pdf

Download (212kB)

Abstract

Minat merupakan salah satu aspek psikis yang dapat mendorong manusia mencapai tujuan. Seseorang yang memiliki minat terhadap suatu objek, cenderung memberikan perhatian atau merasa senang yang lebih besar kepada objek tersebut. Namun, apabila objek tersebut tidak menimbulkan rasa senang, maka orang itu tidak akan memiliki minat atas objek tersebut. Oleh karena itu, tinggi rendahnya perhatian atau rasa senang seseorang terhadap objek dipengaruhi oleh tinggi rendahnya minat seseorang tersebut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan minat belajar siswa menggunakan bimbingan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi bimbingan kelompok pada siswa kelas 7A SMP Negeri 17 Baliakpapan. Siswa adalah seorang individu yang sedang berada dalam proses perkembangan atau menjadi (becoming), yaitu berkembang kearah kematangan atau kemandirian. Untuk mencapai kematangan tersebut, siswa memerlukan bimbingan sebab siswa masih kurang memiliki pemahaman atau wawasan tentang diri dan lingkungan juga dalam menentukan arah kehidupannnya. Minat belajar membentuk sikap akademik tertentu yang besifat sangat pribadi pada setiap siswa. Oleh karena itu, minat belajar harus ditumbuhkan sendiri oleh masing-masing siswa. Oleh karenanya dibuatlah penelitian tindakan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan minat belajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 7A. Aspek yang diteliti adalah rasa suka, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan siswa dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar siswa kelas 7A sudah terlihat baik, yang dibuktikan dengan memiliki adalah rasa suka, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan siswa dalam belajar.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Irvan Budhi Handaka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:32
Last Modified: 24 Nov 2020 04:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21384

Actions (login required)

View Item View Item