MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA KELAS VII MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN SFBC

Afriyani, Afriyani and Supriyanto, Agus and Antara, Ustadi (2020) MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA KELAS VII MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN SFBC. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 10. Afriyani (974-984).pdf] Text
10. Afriyani (974-984).pdf

Download (252kB)

Abstract

Kedisiplinan bagi seorang pelajar atau siswa meliputi banyak hal dalam hal ini kaitanya dengan kedisiplinan disekolah di antaranya adalah, mengerjakan tugas yang di berikan oleh guru mata pelajaran. Kenyataan yang bisa dilihat pada lembaga-lembaga pendidikan pada umumnya dan di SMP Negeri khususnya, masih ditemukan tindakan yang kurang disiplin para siswanya terutama dari mengerjakan tugas yang di berikan oleh guru mata pelajaran. Masih didapatkannya siswa yang tidak disiplin dalam mengerjakan tugas dari guru mata pelajaran mengakibatkan kurang lancarnya proses kegiatan belajar mengajar yang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin siswa dalam mengerjakan tugas dari guru mata pelajaran. Dengan melakukan layanan Konseling kelompok pendekatan SFBC, berharap dapat memberikan manfaat bagi guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan disiplin siswa dengan menggunakan pendekatan SFBC dan juga guru mata pelajaran serta siswa. Disiplin diri artinya, kepatuhan dan ketaatan terhadap apa yang telah ditentukan dan disepakati oleh dirinya sendiri misalnya disiplin menggunakan waktu, disiplin melaksanakan ibadah dan disiplin belajar atau kerja. Layanan konseling kelompok yaitu layanan bimbingan dan konseling yang diberikan kepada peserta didik (konseli) dalam suasana kelompok untuk membahas permasalahan-permasalahan yang berorientasi pada pencegahan dan pengentasan masalah, dan diarahkan kepada pemberian bantuan kemudahan dalam rangka perkembangan dan pertumbuhannya melalui dinamika kelompok. Solution Focus Brief Counseling (SFBC), adalah suatu konseling singkat yang dibangun atas potensi konseli yang sebenarnya mampu mengkonstruksi solusi dari masalahnya.Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan wawancara. Variabel penelitianya adalah meningkatkan disiplin siswa kelas VII dengan strategi layanan konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan konseling SFBC.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Agus Supriyanto
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:33
Last Modified: 24 Nov 2020 04:33
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21385

Actions (login required)

View Item View Item