MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS XI SMALB DI SLB PURWO RAHARJO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Kuswantoro, Kuswantoro and Hartini, Sri and Susilowati, Niken and Budi Prabowo, Agung (2020) MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS XI SMALB DI SLB PURWO RAHARJO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 14. KUSWANTORO (1010-1016).pdf] Text
14. KUSWANTORO (1010-1016).pdf

Download (190kB)

Abstract

Peserta didik yang mempunyai kemandirian belajar dapat dilihat dari kegiatan belajarnya, dia tidak perlu disuruh bila belajar dan kegiatan belajar dilaksanakan atas inisiatif dirinya sendiri. Hal-hal yang mempengaruhi kemandirian belajar antara lain : disiplin, percaya diri, motivasi, inisiatif, dan tanggung jawab. Kenyataan dilapangan proses belajar anak tunagrahita kelas XI SMALB di SLB Purwo Raharjo masih belum menunjukan adanya kemandirian belajar, anak cenderung menunggu perintah dan instruksi dari guru baru setelah itu melaksanakan perintah. Anak cenderung pasif, belum mempunya inisiatif yang menunjukan adanya kemandirian belajar. Hal ini perlu segera diatasi agar dalam proses pembelajaran anak dapat aktif dan mampu belajar secara mandiri atau terciptanya kemandirian belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar pada siswa Tunagrahita Kelas XI SMALB di SLB Purwo Raharjo Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara, instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan angket. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemandirian belajar pada siswa tunagrahita kelas XI SMALB dengan kriteria baik (skor minimal 75). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada peningkatan kemandirian belajar pada subjek NRD dari siklus 1 (58) dan siklus 2 (65), MLY D dari siklus 1 (59) dan siklus 2 (67), dan subyek DW dari siklus 1 (59) dan siklus 2 (69), dari ketiga subjek pada siklus 2 sudah mencapai kriteria baik maka penelitian ini dihentikan pada siklus 2. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulkan bahwa layanan informasi dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa tunagrahita kelas XI SMALB.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Sri Hartini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:33
Last Modified: 24 Nov 2020 04:33
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21389

Actions (login required)

View Item View Item