Mujiyati, Mujiyati and Wahyudi, Amin and Budi Utomo, Nurbowo (2020) Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Pada Siswa Kelas VIII Tunagrahita di SLB Dharna Bhakti, Piyungan Tahun Pelajaran 2020/2021. [Artikel mahasiswa]
Text
16. Mujiyati (1023-1030).pdf Download (203kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya untuk mengetahui peningkatan kepercayaan diri siswa melalui konseling behavioral dengan teknik modeling pada siswa kelas VIII Tunagrahita di SLB Dharma Bhakti, Piyungan Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling yang merupakan penelitian tindakan berupa penelitan subjek tunggal (single subject research). Di sini peneliti mengambil satu orang siswa untuk menjadi subjek penelitian , Teknik analisis data yag dipergunakan dalam penelitian ini bersifat Analisis Kuantitatif Deskriptif. Deskriptif kuantitatif dalam penelitian ini yaitu mengenai data dari hasil tes kepercayaab diri dari pre test dan post test yang diolah secara otentik sehingga memperoleh hasil berupa angka yang diprosentasikan. Selanjutnya data yang terkumpul dapat dianalisis dengan menggunakan grafik. Hasil Penelitian ini adalah Layanan Konseling Behavioral teknik modeling dapat meningkatkan kepercyaan diri siea kelas VIII Tunagrahita SLB Dharma Bhakti, Piyungan. Sebelum dilakukan tindakan nilai rata – rata kepercayaan diri siswa sebesar 50 persen dan setelah melakukan layanan konseling behavioral teknik modeling meningkat menjadi 77,5 persen Hal ini menunjukan adanya peningkatan rata-rata skor kepercayaan diri siswa sebesar 27,5 persen setelah dilakukan layanan konseling behavioral.
Item Type: | Artikel mahasiswa |
---|---|
Keyword: | Amin Wahyudi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Program Profesi Guru |
Depositing User: | Sertifikasi Guru |
Date Deposited: | 24 Nov 2020 04:34 |
Last Modified: | 24 Nov 2020 04:34 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21391 |
Actions (login required)
View Item |