Ulfa, Nessia and Hartini, Sri and Susilowati, Niken and Agungbudiprabowo, Agungbudiprabowo (2020) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SYMBOLIC MODELING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PGII 2 BANDUNG. [Artikel mahasiswa]
Text
21. NESSIA ULFA (1074-1084).pdf Download (289kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMP PGII 2 Bandung yang menunjukkan indikasi penurunan motivasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan PJJ. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan motivasi berprestasi peserta didik melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modeling. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling dengan melaksanakan dua siklus. Subyek penelitian ini yaitu 7 orang peserta didik kelas VIII SMP PGII 2 Bandung. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan skala motivasi belajar dan observasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif persentase dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran awal motivasi berprestasi dari tujuh orang anggota kelompok dengan rata-rata 64% berada pada kategori sedang. Tingkat motivasi belajar siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siklus 1 mengalami peningkatan sebanyak 5% mencapai rata-rata persentase skor 69% menunjukkan kategori sedang. Sedangkan peningkatan motivasi belajar setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siklus 2 mengalami peningkatan sebanyak 13% dengan rata-rata persentase skor 81% pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa motivasi berprestasi peserta didik dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik symbolic modelling.
Item Type: | Artikel mahasiswa |
---|---|
Keyword: | Sri Hartini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Program Profesi Guru |
Depositing User: | Sertifikasi Guru |
Date Deposited: | 24 Nov 2020 04:36 |
Last Modified: | 24 Nov 2020 04:36 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21407 |
Actions (login required)
View Item |