Purwarupa Platform Robot Edukasi Modular untuk pembelajaran STEM (Science Technology Engineering and Mathematics)

Muchlas, M and Nuryono, Satya Widodo and Riky, Dwi Puriyanto (2020) Purwarupa Platform Robot Edukasi Modular untuk pembelajaran STEM (Science Technology Engineering and Mathematics). Project Report. Universitas Ahmad Dahlan. (Unpublished)

[thumbnail of Ringkasan Penelitian.pdf] Text
Ringkasan Penelitian.pdf

Download (9kB)

Abstract

Penelitian ini berupaya mengembangkan perangkat pembelajaran di bidang robotika yang didasarkan pada produk hasil rekayasa mandiri dalam bentuk platform robot modular untuk pembelajaran STEM(Science, Technology, Engineering and Mathematics). Robot edukasi yang dikembangkan akan bersifat modular sehingga dapat dikonfigurasi untuk berbagai tingkat kompleksitas, sesuai usia pembelajar dan tema pembelajarannya. Tahun pertama penelitian menekankan pada pengembangan purwarupa platform robot edukasi. Rancangan perangkat keras dan lunak didasarkan pada filosofi robot edukasi yang bersifat expandable atau modular. Selain hal tersebut pada tahun ini juga dikembangkan desain aktivitas pembelajaran yang sesuai untuk setiap konfigurasi robot dan tingkat pembelajaran yang dikehendaki. Hasil penelitian saat ini telah mencapai TKT 5 dalam bentuk purwarupa robot.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Electrical Engineering (S1-Teknik Elektro)
Depositing User: Dr. Muchlas , M.T.
Date Deposited: 29 Nov 2020 23:44
Last Modified: 29 Nov 2020 23:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21443

Actions (login required)

View Item View Item