PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA

Argo, Catur Budi and Sukmayadi, Trisna and 'Ainurrohmah, Siti (2020) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 1. CATUR BUDI ARGO (1109-111).pdf] Text
1. CATUR BUDI ARGO (1109-111).pdf

Download (396kB)

Abstract

Hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Sokomoyo pada mata pelajaran IPA masih rendah yang ditandai dengan presentase ketuntasan belajar yang menunjukkan angka 48,5% pada Penilaian Tengah Semester. Rendahnya hasil belajar tersebut dikarenakan model pembelajaran yang diterapkan tidak menggunakan sintak-sintak yang jelas yang mengakibatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa rendah. Oleh karena itu peneliti memilih model pembelajaran Problem Based Learning untuk memecahkan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas IV SD Negeri Sokomoyo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Sokomoyo yang berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar pada pretes adalah 0% mengalami kenaikan menjadi 70,4% pada tes formatif siklus I. Sedangkan rata-rata nilai kelas pada saat pretes mencapai 45,2 mengalami kenaikan menjadi 77,4 pada tes formatif siklus I. Kemudian setelah itu dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II. Dari analisis hasil belajar siklus II menunjukkan bahwa terdapat kenaikan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus 1 yakni 70,4% menjadi 92,6% pada siklus II. Selain itu nilai rata-rata kelas juga mengalami kenaikan dari 77,4 pada siklus I menjadi 90,4 pada siklus II. Analisis hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh hasil belajar diatas atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) lebih dari 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya pada kelas IV SD Negeri 2 Sokomoyo.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Trisna Sukmayadi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:29
Last Modified: 30 Nov 2020 04:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21455

Actions (login required)

View Item View Item