PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V PADA MATERI HIPOTENSI

Kusumandari, Melan and Sukmayadi, Trisna and 'Ainurrohmah, Siti (2020) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V PADA MATERI HIPOTENSI. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 2. Melan Kusumandari (1120-1133).pdf] Text
2. Melan Kusumandari (1120-1133).pdf

Download (364kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Bunder setelah diterapkan model Problem Based Learning pada muatan pelajaran IPA materi gangguan peredaran darah (hipotensi). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Bunder Galur Kulon Progo yang berjumlah 13 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan KKM siswa dari kegiatan pra tindakan dan setiap siklus, yaitu pada pra tindakan sebesar 15,38%, pada siklus I sebesar 46,15%, sedangkan pada siklus II sebesar 84,62%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra tidakan sebesar 63,74, siklus I sebesar 73,62, sedangkan pada siklus II sebesar 88,46. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V pada materi gangguan peredaran darah (hipotensi) di SD Negeri 1 Bunder.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Trisna Sukmayadi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:29
Last Modified: 30 Nov 2020 04:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21457

Actions (login required)

View Item View Item