UPAYA MENINGKATKAN KEMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 9 KUTAMAKMUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAS

Ismawati, Ismawati and Hidayat, Panji and Utami, Sri (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 9 KUTAMAKMUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAS. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 3. Ismawati (1134-1146).pdf] Text
3. Ismawati (1134-1146).pdf

Download (241kB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Dengan Menggunakan Metode SAS Pada Siswa Kelas I SD Negeri 9 Kutamakmur”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Metode SAS mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 9 Kutamakmur. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian PTK. Hasil tes tindakan pada siklus I dengan jumlah siswa 24 orang yang memperoleh nilai ≥ 65 adalah 4 orang dengan nilai persentase 16,67% yang tuntas. Pada siklus II siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 sebanyak 23 orang dengan nilai persentase 95,83% yang tuntas. Hasil observasi yang dilakukan oleh dua orang pengamat pada pelaksanaan siklus I terhadap aktivitas guru. Pengamat I memperoleh skor 68,57% dan pengamat dua memperoleh skor 70,00%. Pada siklus II, pengamat satu memperoleh skor 85,71% dan pengamat dua 88,57%. Sedangkan hasil observasi dua orang pengamat terhadap aktivitas siswa pada siklus I. Pengamat satu memperoleh skor 73,33% dan pengamat dua 70,66%. Dan hasil observasi pengamat pada siklus II, pengamat satu memperoleh skor 86,66% dan pengamat dua 88,00%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan Metode SAS pada materi menulis permulaan dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas I SD Negeri 9 Kutamakmur.
Kata Kunci: Metode SAS, Menulis Permulaan

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Panji Hidayat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:29
Last Modified: 30 Nov 2020 04:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21458

Actions (login required)

View Item View Item