UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN DARING MATERI JARING-JARING MAKANAN

Usfa, Dika Risdesi and Sukmayadi, Trisna and ‘Ainurrohmah, Siti (2020) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN DARING MATERI JARING-JARING MAKANAN. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 5. Dika Risdesi Usfa (1161-1176).pdf] Text
5. Dika Risdesi Usfa (1161-1176).pdf

Download (390kB)

Abstract

Tujuan pendidikan dapat tercapai optimal apabila pembelajaran dilaksanakan secara maksimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan secara optimal yaitu dengan pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan. Kemampuan guru dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran juga sangat berpengaruh pada proses pembelajaran yang maksimal. Media pembelajaran berfungsi untuk menarik minat peserta didik terhadap materi pembelajaran yang disajikan. Kenyataan yang terjadi di SD Negeri 2 Giripurwo bahwa guru masih minim dalam menggunakan media pembelajaran. Dari permasalahan tersebut, salah satu solusi yang dapat ditawarkan adalah dengan menggunakan media pembelajaran berupa video. Peserta didik yang masih dalam dunia bermain lebih tertarik dengan media audio visual. Media video ini diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan selama dua siklus dan masing-masing siklus dilakukan sebanyak dua pertemuan. Kegiatan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observasing) dan refleksi (reflecting). Pengambilan data dengan menggunakan angket dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil angket pada siklus satu sebesar 56,92 dan rata-rata hasil angket pada siklus dua sebesar 69,38. Dari data tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 12,45. Selain itu, dari hasil observasi juga diperoleh data yang meningkat, hasil observasi pada siklus satu menunjukkan persentase motivasi belaar peserta didik sebesar 53,84% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 63,45%. Dari hasil observasi terjadi peningkatan sebesar 9,61%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi jaring-jaring makanan.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Trisna Sukmayadi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:29
Last Modified: 30 Nov 2020 04:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21461

Actions (login required)

View Item View Item