PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH GUNTURGENI

Nuryani, Ari and Istihapsari, Vita and Afriady, Dadang (2020) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH GUNTURGENI. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 10. Ari Nuryani (1207-1215).pdf] Text
10. Ari Nuryani (1207-1215).pdf

Download (289kB)

Abstract

Tujuan penelitian yang dilakukan adalah meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar dan kemampuan menentukan ide pokok paragraf dengan model Problem Based Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Gunturgeni yang berjumlah 15 siswa. Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif adalah data yang didapatkan dari hasil observasi siswa sedangkan data kuantitatif adalah data yang didapatkan dari hasil penilaian pengetahuan belajar siswa. Pada siklus I, aktivitas belajar yang diperoleh adalah 47,67 %. Aktivitas belajar yang diperoleh pada siklus II meningkat menjadi 70,55 % setelah diadakan perbaikan. Sedangkan untuk hasil belajar menentukan ide pokok paragraf diperoleh 74,83 pada siklus I. Pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 82,60. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan didapatkan hasil bahwa terjadi peningkatan dari pelaksanaan siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning yang diterapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan menentukan ide pokok siswa kelas V SD Muhammadiyah Gunturgeni.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Vita Istihapsari
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:31
Last Modified: 30 Nov 2020 04:31
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21465

Actions (login required)

View Item View Item