PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY PADA MATERI PENGENALAN SIMBOL DAN PENGAMALAN SILA PANCASILA SISWA KELAS 1 SD NEGERI MINOMARTANI 2 NGAGLIK

Setyawati, Lina and Sukmayadi, Trisna and ‘Ainurrohmah, Siti (2020) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY PADA MATERI PENGENALAN SIMBOL DAN PENGAMALAN SILA PANCASILA SISWA KELAS 1 SD NEGERI MINOMARTANI 2 NGAGLIK. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 11. Lina Setyawati (1216-1226).pdf] Text
11. Lina Setyawati (1216-1226).pdf

Download (324kB)

Abstract

Hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri Minomartani 2 pada mata pelajaran muatan PPKn masih rendah yang ditandai dengan presentase ketuntasan belajar yang menunjukkan angka 26,67% pada pelaksanaan pembelajaran biasa. Rendahnya hasil belajar tersebut dikarenakan model pembelajaran yang diterapkan masih convensional dengan metode ceramah dan Tanya jawab saja, belum menggunakan metode lain yang mendorong semangat dan motivasi siswa dengan menemukan masalahnya sendiri. Oleh karena itu peneliti memilih metode Inquiry untuk dapat mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas 1 SDN Minomartani 2 melalui penerapan metode Inquiry pada materi pengenalan simbol sila Pancasila dan pengamalannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas 1 SD Negeri minomartani 2 kecamatan Ngaglik yang berjumlah 15 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan KKM siswa dari kegiatan pra tindakan dan setiap siklus, yaitu pada pra tindakan sebesar 26,67%, pada siklus I sebesar 53,33%, sedangkan pada siklus II sebesar 86,67%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra tidakan sebesar 55,67, siklus I sebesar 66,33, sedangkan pada siklus II sebesar 75,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas 1 pada materi pengenalan simbol sila Pancasila dan pengamalannya di SD Negeri Minomartani 2 Ngaglik.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Trisna Sukmayadi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:31
Last Modified: 30 Nov 2020 04:31
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21467

Actions (login required)

View Item View Item