Muchlas (2020) Community Radio-based Blended Learning Model. Nomor Pencatatan Hak Cipta: 000197939. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia..
Text
EC00202025599_COMMUNITY RADIO-BASED BLENDED LEARNING MODEL.pdf Download (769kB) |
|
Text
05 - Karya Ilmiah - Community Radio-based Blended Learning Model - Pak Rektor.pdf Download (10kB) |
Abstract
Community Radio-based Blended Learning Model merupakan model pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk belajar melalui konten materi yang terintegrasi dan petunjuk yang disampaikan melalui jaringan radio komunitas dengan kendali mandiri terhadap urutan tahapan belajar, lokasi belajar, dan waktu belajar. Adapun konten materi dan petunjuk pembelajaran disampaikan secara berkala dengan menggunakan jaringan radio komunitas, yang mana setiap rombongan belajar hanya membutuhkan radio dengan frekuensi yang telah disiapkan. Selanjutnya, materi yang akan disampaikan bisa dalam bentuk rekaman audio yang diputar kembali atau dilakukan secara live, dengan proses pembelajaran secara satu arah maupun dua arah.
Model pembelajaran ini merupakan salah satu solusi dalam kegiatan pembelajaran di era pandemi ini sekarang ini. Model pembelajaran ini menggunakan fasilitas radio komunitas yang dibangun di daerah 3T dengan prototipe awal diimplementasikan di daerah Bawean. Model pembelajaran ini merupakan kombinasi antara pembelajaran secara offline dan pembelajaran secara online, yang bukan berbasis Internet, namun berbasis jaringan radio, sehingga tidak membutuhkan jaringan internet yang biasanya menjadi kendala utama untuk daerah 3T. Hal inilah yang menjadi kebaharuan dari model blended learning ini.
Item Type: | Patent |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > FKIP Doc |
Depositing User: | Dr. Muchlas , M.T. |
Date Deposited: | 29 Nov 2020 23:46 |
Last Modified: | 29 Nov 2020 23:46 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21468 |
Actions (login required)
View Item |