PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKPD DI KELAS IV SD KANISIUS BEJI TAHUN 2020/2021

Palupi, Maria Tyas and Istihapsari, Vita and Afriady, Dadang (2020) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKPD DI KELAS IV SD KANISIUS BEJI TAHUN 2020/2021. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 12. Maria Tyas Palupi (1227-1236).pdf] Text
12. Maria Tyas Palupi (1227-1236).pdf

Download (251kB)

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan menggunakan metode discovery learning berbantuan LKPD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas IV SD Kanisius Beji, Playen, Gunungkidul yang berjumlah 17 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan KKM siswa dari kegiatan setiap siklus, yaitu pada siklus I sebesar 82% untuk muatan Bahasa Indonesia, 71% untuk muatan IPS, dan 65% untuk muatan IPA sedangkan pada siklus II sebesar 88% untuk muatan Bahasa Indonesia, 82% untuk muatan IPS, dan 82% untuk muatan IPA. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 80,00 untuk muatan Bahasa Indonesia,81,18 untuk muatan IPS, dan 78,24 untuk muatan IPA. Sedangkan pada siklus II sebesar 87,06 untuk muatan Bahasa Indonesia, 85,29 untuk muatan IPS, dan 88,82 untuk muatan IPA. Dari siklus I rata-rata motivasi belajar siswa 71,05% dan pada siklus II meningkat menjadi 76,29% hal tersebut juga diikuti dengan peningkatan motivasi siswa dengan kategori minimal motivasi tinggi yaitu dari siklus 1 sebesar 65%, sedangkan pada siklus ke II persentase siswa yang memiliki kriteria minimal tinggi sebesar 89%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Discovery Learning berbantuan LKPD dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Vita Istihapsari
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:31
Last Modified: 30 Nov 2020 04:31
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21469

Actions (login required)

View Item View Item