MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MELALUI TEKS BERITA MENGGUNAKAN METODE STAD PADA SISWA KELAS VI E SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN

Priyanto, Sadam and Sukmayadi, Trisna and 'Ainurrohmah, Siti (2020) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MELALUI TEKS BERITA MENGGUNAKAN METODE STAD PADA SISWA KELAS VI E SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 14. Sadam Priyanto (1252-1262).pdf] Text
14. Sadam Priyanto (1252-1262).pdf

Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VI E SD Muh. Karangkajen 1 Yogyakarta. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis kelas VI E SD Muh. Karangkajen 1 Yogyakarta melalui teks berita menggunakan metode pembelajaran STAD pada materi teks eksplanasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, berlangsung selama dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI E SD Muh. Karangkajen 1 Yogyakarta, tahun pelajaran 2020/2021 berjumlah 25 siswa. Objek penelitian adalah peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi dan tes tertulis. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Upaya peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa ini mennggunakan metode pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division). melalui langkah-langkah: membentuk kelompok heterogen 4-5 orang anggota, guru menyajikan pelajaran, guru memberi tugas, tiap anggota kelompok menggunakan lembar kerja untuk menguasai bahan ajar melalui tanya jawab atau diskusi, guru memberi kuis, guru bersama siswa mengevaluasi, dan guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi. Hal ini tampak pada peningkatan nila rata-rata soal evaluasi dari kondisi awal/ pra siklus 58,84, siklus I 74,4, kemudian siklus II meningkat menjadi 80,32%. Persentase jumlah siswa yang mencapai KKM (75) dari kondisi awal sebesar 12%, siklus I 56%, dan siklus II menjadi 100%.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Trisna Sukmayadi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:31
Last Modified: 30 Nov 2020 04:31
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21471

Actions (login required)

View Item View Item