PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY LEARNING DI KELAS VI B SDN TEGALREJO 2 TAHUN AJARAN 2020/2021

Yudiharyanto, Yudiharyanto and Istihapsari, Vita and Afriady, Dadang (2020) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY LEARNING DI KELAS VI B SDN TEGALREJO 2 TAHUN AJARAN 2020/2021. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 15. Yudiharyanto (1263-1273).pdf] Text
15. Yudiharyanto (1263-1273).pdf

Download (311kB)

Abstract

Masa kanak-kanak akhir merupakan masa anak suka terlibat dalam dalam suatu hal termasuk dalam pembelajaran. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang mampu membuat peserta didiknya berperan aktif dalam pembelajaran. Hasil observasi menunjukkan bahwa keaktifan belajar peserta didik VI B SDN Tegalrejo 2 masih belum maksimal. Salah satu model yang dapat meningkatkan keaktifan belajar adalah Inqiury learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik menggunakan model Inquiry Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan di setiap siklusnya. Hasil penelitan dari siklus I menunjukkan bahwa keaktifan belajar peserta didik adalah 59,2% dan masuk dalam kategori cukup. Sedangkan siklus II menunjukkan keaktifan belajar peserta didik adalah 69,8% dan masuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, keaktifan belajar dapat meningkat sebanyak 10,6% setelah menggunakan metode Inquiry Learning

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Vita Istihapsari
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:31
Last Modified: 30 Nov 2020 04:31
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21472

Actions (login required)

View Item View Item