PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI SD MARSUDIRINI 1 YOGYAKARTA

Indriyani, Francisca and Sukmayadi, Trisna and 'Ainurrohmah, Siti (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI SD MARSUDIRINI 1 YOGYAKARTA. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 16. francisca indriyani (1274-1282).pdf] Text
16. francisca indriyani (1274-1282).pdf

Download (280kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya prestasi belajar siswa kelas 3A SD Marsudirini 1 Yogyakarta. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas 3A SD Marsudirini 1 Yogyakarta melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi perubahan wujud benda. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, berlangsung selama dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas 3A SD Marsudirini 1 Yogyakarta, tahun pelajaran 2020/2021 berjumlah 20 siswa. Objek penelitian adalah peningkatan prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi dan tes tertulis. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskristif kuantitatif dan kualitatif. Upaya peningakatan hasil belajar siswa ini mennggunakan model pembelajaran Problem Based Learning melalui langkah-langakh: orientasi siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan menganalisis serta mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini tampak pada peningkaran nila rata-rata soal evaluasi dari kondisi awal 69,30, siklus I 72,5, kemudian siklus II meningkat menjadi 90. Presentase jumlah siswa yang mencapai KKM (75) dari kondisi awal sebesar 43%, siklus I 60%, dan siklus II menjadi 95%.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Trisna Sukmayadi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:32
Last Modified: 30 Nov 2020 04:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21473

Actions (login required)

View Item View Item