Febriyanti, Siti and Istihapsari, Vita and Afriady, Dadang (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD NEGERI BALECATUR I TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [Artikel mahasiswa]
Text
17. Siti Febriyanti (1283-1292).pdf Download (401kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran Tematik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada kelas V SD Negeri Balecatur I Gamping. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas V SD Negeri Balecatur I Gamping Sleman yang berjumlah 15 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase keaktifan siswa. Hal ini dapat dilihat hasil observasi siswa dari kegiatan pratindakan dan setiap siklus, yaitu pada pratindakan sebesar 46,66%, pada siklus I sebesar 65,67%, sedangkan pada siklus II sebesar 79,67%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar tematik siswa dari pratindakan sebesar 68,88 meningkat pada siklus I menjadi 89,77 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 93,78. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik.
Item Type: | Artikel mahasiswa |
---|---|
Keyword: | Vita Istihapsari |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Program Profesi Guru |
Depositing User: | Sertifikasi Guru |
Date Deposited: | 30 Nov 2020 04:32 |
Last Modified: | 30 Nov 2020 04:32 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21474 |
Actions (login required)
View Item |