PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS KARYA SENI PADA SISWA KELAS II SDN 2 SUNGAPAN

Handayani, Aminah Satiti and Sudaryanto, Sudaryanto and Dian, Dede (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS KARYA SENI PADA SISWA KELAS II SDN 2 SUNGAPAN. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 18. Aminah Satiti Handayani (1293-1303).pdf] Text
18. Aminah Satiti Handayani (1293-1303).pdf

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas karya seni melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan video pembelajaran pada siswa kelas II SDN 2 Sungapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas II SDN 2 Sungapan yang berjumlah 16 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada enam indikator kreativitas karya seni dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Indikator kesesuaian produk dengan tema pada prasiklus adalah 75,0%, siklus I mencapai 82,8%, dan menjadi 93% pada siklus II. Indikator terampil membuat bentuk pada prasiklus adalah 60,9%, siklus I mencapai 68,8% dan menjadi 77,3% pada siklus II. Indikator kerapian membuat bentuk pada prasiklus adalah 67,2%, siklus I mencapai 72,7%, dan menjadi 80,5% pada siklus II. Indikator variasi bahan yang digunakan pada prasiklus adalah 75,0%, siklus I mencapai 80,5%, dan menjadi 85,2% pada siklus II. Indikator keserasian warna pada prasiklus adalah 68,8%, siklus I mencapai 71,9%, dan menjadi 77,3% pada siklus II. Dan indikator komposisi bentuk proposional pada prasiklus adalah 62,5%, siklus I mencapai 66,4%, dan menjadi 74,22% pada siklus II. Rata-rata untuk semua indikator kreativitas pada prasiklus 68,23%, siklus I mencapai 73,85%, dan terjadi peningkatan rata-rata menjadi 81,25% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Leraning (PJBL) berbantuan video pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas karya seni siswa SD

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Sudaryanto
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:32
Last Modified: 30 Nov 2020 04:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21475

Actions (login required)

View Item View Item