Penggunaan Aplikasi Google Classroom untuk Meningkatkan Keaktfan Belajar dan Kedisiplinan Pengumpulan Tugas pada Siswa Kelas IVB di SDN Godean 1

Sari, Vidya Kartika and Sudaryanto, Sudaryanto and Dian, Dede (2020) Penggunaan Aplikasi Google Classroom untuk Meningkatkan Keaktfan Belajar dan Kedisiplinan Pengumpulan Tugas pada Siswa Kelas IVB di SDN Godean 1. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 21. Vidya Kartika Sari (1324-1331).pdf] Text
21. Vidya Kartika Sari (1324-1331).pdf

Download (322kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan kedisiplinan pengumpulan tugas dengan menggunakan aplikasi Google Classroom pada siswa kelas IVB SD Negeri Godean 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVB yang berjumlah 29 anak. Metode yang digunakan dengan cara non tes menggunakan lembar observasi dan angket. Analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif kuantitatif presentase. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan dan observasi serta refleksi. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila memenuhi indikator keberhasilan yaitu adanya peningkatan dari siklus sebelumnya. Hasil penelitian telah mampu menjawab perumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan kebenaran hipotesis penelitian yaitu karena guru menggunakan aplikasi Google Classroom maka terdapat peningkatan keaktifan belajar dan kedisiplinan pengumpulan tugas pada siswa kelas IVB SD Negeri Godean 1. Keadaan tersebut dibuktikan oleh hasil analisis data bahwa:1) Melalui aplikasi Google Classroom keaktifan belajar siswa meningkat. Hal ini dapat diketahui dengan adanya peningkatan siswa sangat aktif dari 24% menjadi 38% pada siklus 1 dan 48% pada siklus terakhir. 2) Kedisiplinan pengumpulan tugas siswa dapat meningkat setelah menggunakan aplikasi Google Classroom. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan kedisiplinan pengumpulan tugas dari 71% pada pra siklus kemudian meningkat menjadi 89% pada siklus 1 dan siklus 2 menjadi 93%.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Sudaryanto
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:32
Last Modified: 30 Nov 2020 04:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21478

Actions (login required)

View Item View Item