Haryati, Nanik and Sudaryanto, Sudaryanto and Dian, Dede (2020) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKPD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI BANYUURIP 1 TURI. [Artikel mahasiswa]
Text
22. Nanik Haryati (1332-1343).pdf Download (295kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model Discovery Learning berbantuan LKPD Interaktif pada Siswa kelas VI SD Negeri Banyuurip 1 Turi Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas VI SD Negeri Banyuurip 1 Turi Sleman yang berjumlah 25 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan KKM siswa dari kegiatan pra tindakan dan setiap siklus, yaitu pada pra tindakan sebesar 40%, pada siklus I sebesar 68%, sedangkan pada siklus II sebesar 82%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra tidakan sebesar 71,64, siklus I sebesar 76,24, sedangkan pada siklus II sebesar 78,36. Begitu juga motivasi siswa dari siklus I juga mengalami kenaikan pada siklus II. Dari siklus I rata-rata indikator motivasi 20% pada siklus II menjadi 46%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learning berbantukan LKPD Interaktif dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Artikel mahasiswa |
---|---|
Keyword: | Sudaryanto |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Program Profesi Guru |
Depositing User: | Sertifikasi Guru |
Date Deposited: | 30 Nov 2020 04:32 |
Last Modified: | 30 Nov 2020 04:32 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21479 |
Actions (login required)
View Item |