PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI TURI 3 MELALUI MEDIA POWERPOINT

Puspitasari, Wening Fajar and Martaningsih, Sri Tutur and Sukardi, Sukardi (2020) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI TURI 3 MELALUI MEDIA POWERPOINT. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 23. WENING FAJAR PUSPITASARI (1344-1352).pdf] Text
23. WENING FAJAR PUSPITASARI (1344-1352).pdf

Download (383kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pembelajaran daring pada siswa kelas 1 SD Negeri Turi 3 melalui media powerpoint. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas 1 SD Negeri Turi 3 yang berjumlah 18 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan statistik deskripstif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari ketuntaasan KKM siswa pra tindakan dan setiap siklus yaitu pada pra tindakan sebesar 66,67%. Pada siklus 1 33,33% dan siklus 2 27,78%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari para tindakan sebesar 65, siklus 1 72,22 dan siklus 2 sebesar 82,78. Begitu juga motivasi siswa dari siklus 1 juga mengalami kenaikan pada siklus 2. Dari rata-rata siklus 1 sebesar 76,5 kategori cukup pada siklus 2 sebesar 87 kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring menggunakan media power point dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Sri Tutur Martaningsih
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:33
Last Modified: 30 Nov 2020 04:33
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21480

Actions (login required)

View Item View Item