UPAYA MENINGKATKAN KEMPUAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 9 KUTAMAKMUR

Nuri, Syarifah and Purwanti, Siwi and Purwanti, Erni (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMPUAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 9 KUTAMAKMUR. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 26. syarifah nur (1374-1386).pdf] Text
26. syarifah nur (1374-1386).pdf

Download (260kB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang penting bagi setiap orang karena setiap orang mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak sesuai dengan kebutuhannya. Hendaknya guru dalam mengajar tidak hanya menggunakan media yang disukai saja namun diharapkan agar menggunakan media yang cocok dengan materi yang disampaikan agar pembelajaran menarik serta dalam mengunakan media agar bisa mengaktifkan siswa sehingga pembelajaran bukan lagi pembelajaran yang konvensional. Seperti halnya dalam membaca. Di SD Negeri 9 Kutamakmur Kelas III masih banyak siswa yang belum mampu membaca dengan baik dalam hal ini peneliti tertarik untuk menggunakan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hasil penilitian menunjukkan siklus I belum baik, dimana dari 22 orang siswa, hanya 4 orang siswa atau 18,18% yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sisanya 18 orang siswa atau 81,81% belum tuntas KKM-nya. Hal ini berarti pembelajaran belum berhasil. Kemudian hasil tes akhir siklus II sudah baik, dimana dari 22 orang siswa, 21 orang siswa atau 97,45% yang sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sisanya 1 orang siswa atau 04,54% belum tuntas KKM-nya. Dengan demikian dapat disimpulkan menggunakan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III SDN 9 Kutamakmur.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Siwi Purwanti
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:33
Last Modified: 30 Nov 2020 04:33
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21483

Actions (login required)

View Item View Item